Akhir Perburuan Visa Jerman

Akhirnya setelah melewati fase stress ngga dapat Termin buat bikin visa, aku sampai juga di fase leyeh-leyeh dengan stiker visa nasional Jerman di pasporku. Yuhuu!! 
 
Visa BFD
 

Selain itu, visa kali ini adalah visa dengan proses pembuatan tercepat dalam sejarah pembuatan segala macam jenis visa yang sudah pernah kulakukan. Cuma dua minggu sejak tanggal penggajuan visa dan voila.. visaku sudah jadi dan aku sudah bisa ambil di kedutaan Jerman di Wina. Proses dalam pengajuannya pun yang paling minim stress (tanpa mengabaikan betapa stress dan down-nya nyari Termin kosong).

 
Email dari Deutsche
Botschaft Wien
Setelah dapat email dari kedutaan Jerman yang memberitahukanku bahwa visaku sudah jadi dan bisa diambil, aku memberitahukan kabar baik ini pada keluargaku di Indonesia dan host family-ku di sini. Host family-ku menawarkan padaku untuk mengantarkan ku mengambil visaku karena kebetulan Minggu depan mereka Urlaub (libur) jadi aku tidak perlu repot-repot naik kereta api. Terang saja aku langsung mengiyakan, lumayan juga menghemat sekitar 18€ tiket kereta api PP dari Böheimkirchen ke Wien HBF (stasiun kereta api). 
 
Kalau di kedutaan Jerman di Wina, yang diperlukan untuk pengambilan visa hanya menunjukkan kartu asuransi kesehatan atau bukti pengajuan asuransi kesehatan di Jerman. Jika belum ada, bisa menunjukkan kartu asuransi kesehatan milik kita di Austria. Dalam kasusku, karena aku sudah punya kartu asuransi kesehatan di Jerman (aku pakai AOK Bayern), aku tinggal menunjukkan ini pada petugas kedutaan. 
 
Di Wina, visa bisa diambil hari itu juga ketika kita menyerahkan paspor. Jadi kita datang dua kali di hari yang sama dalam pengambilan visa. Pertama kita datang pagi hari, diantara jam 9 pagi dan jam 12 siang untuk menyerahkan paspor dan bukti asuransi kesehatan di Jerman, lalu kita datang lagi pada sore hari di antara jam 3 sore dan jam 4 sore di hari yang sama untuk mengambil paspor dan visa. Saranku sih, datang aja sebelum jam 3 karena sore hari adalah jam sibuknya kedutaan. Pengajuan visa, pengambilan visa dilakukan di sore hari, pagi hari hanya diperuntukkan bagi warga Jerman yang ingin mengurus atau memperbarui KTP mereka atau mengurus paspor mereka. Jadi antrean sore hari itu astaga naga deh, aku datang jam 3 sore tepat dan dapat antrean nomer 43 sementara yang sedang dilayani masih nomer 23. Mpret ah!
 
Nomer Antrean. Tolong Bersabar Ya!
 
Ah satu lagi, pengambilan visa di kedutaan Jerman di Wina hanya bisa dilakukan pada hari Senin, Rabu dan Kamis. Lalu jangan lupa juga bawa print out email dari kedutaan yang memberitahukan bahwa bisa kita sudah bisa diambil, tanpa bukti itu, ngga bakal diizinkan masuk sama petugas keamanan di kedutaan.

Buat kalian yang masih dalam proses pengajuan visa Jerman (apa pun jenisnya), semangat ya!! 
 
Alamat kedutaan Jerman di Wina :

Deutsche Botschaft Wien
-Visastelle-
Besucheradresse: Strohgasse 14c, 1030 Wien
Postanschrift:       Postfach 60,       1037 Wien
Fax:           0043-(0)1 / 711 54 272 E-Mail[email protected] Internet www.wien.diplo.de  Öffnungszeiten : Mo, Mi, Do, Fr: 9 – 12 Uhr, Di: 13 – 16 Uhr

PS. Visaku berlaku selama 12 bulan. Biasanya Visa cuma berlaku 3 bulan, lalu setelah di Jerman kita perpanjang sendiri sekalian mengajukan dan mengambil Aufenthaltstitel (Kartu Residen Permit). 

Mau Baca Lainnya?

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.