TOLONG, HARGAI SAYA!

Source : http://www.plagiarism.org/article/what-is-plagiarism

Well, sejujurnya aku paham benar tentang ini, tapi sayangnya, yang aku singgung di sini benar-benar tentang MENJIPLAK. Sebuah karya yang bener-bener sama cuma beda nama tokoh-tokohnya. Sialnya, itu terjadi padaku.

Pernah suatu ketika, Half Vampire dipublish oleh seseorang di blog pribadi mereka. Bahkan jika seorang teman tidak mengatakan tentang hal ini, aku tidak akan tahu jika tulisanku telah disalahgunakan oleh orang lain. Di blog tersebut Half Vampire berganti judul dan berganti nama tokoh. Kalian tidak akan menemukan Sherena, Reven, Noura, Dev dan sejenisnya. Melainkan, Sulli, Minhyun dan Ren.

Jangan tanya aku nama-nama siapa itu. I DON’T KNOW!!!

Tapi yah, sekedar menebak. Aku tahu itu berubah haluan menjadi semacam fanfic. Errr.. sial! Bukannya mau meremehkan atau menyinggung. Aku hanya tidak suka fanfic. Aku bukan penikmat cerita-cerita genre ini… aku bahkan tidak berpikir akan menggunakan nama-nama korea untuk ceritaku. DAN… ternyata tanpa sepengetahuanku.. si Rena uda ganti nama aja jadi Sulli.

Maaf maaf saja ya.. Aku benar-benar marah ketika itu. Sayangnya, si empunya blog yang memplagiat tulisanku sedikit mengelak tentang apa yang dilakukannya dan yah.. bla bla bla bla gak penting super memuakkan yang berakhir dengan dihapuskannya semua postingan HV-ku yang namanya udah dirombak, dari blognya. Dia juga memposting sebuah permintaan maaf di sana. Sayang seribu sayang lagi.. postingan itu kuakui hanya NOL. Tidak ada keikhlasan di dalamnya, bahkan cenderung MAYAK kalau orang Surabaya bilang. Aku ngga gila permintaan maaf, tapi ya sorry sorry to say nih, aku paham adat dan tata cara mengungkapkan permintaan maaf yang baik dan benar kalau emang tahu kitanya uda salah. Bukannya nyolot dan membela diri dengan segitunya.

Well, entah kenapa sejak saat itu aku jadi bete dan bad mood kalau uda nyinggung soal plagiat plagiat de-ka-ka. Sumpah deh, rasanya ngga enak banget tahu kalau apa yang kamu usahakan dengan benar tiba-tiba diubah seenak jidat orang lain TANPA ADA PEMBERITAHUAN APAPUN KE KAMU. Toh, di blog atau di wattpad, aku nulis jelas tentang gimana kamu bisa kontak aku. Ada email, ada FB, ada twitter. Ya masa iya dia nyarinya Friendster?? Haloo, apa ngga username MIRC aja sekalian?

Dan kemarin ini, ada sebuah komen di wattpad yang bikin kemarahanku akan kejadian waktu itu muncul lagi. Sebuah komen yang mengatakan bahwa dia pernah baca Half Vampire di FB, tapi namanya diganti dan jadi kayak fanfic.

LAGI???? OMAIGAT!!!

Aku benar-benar sudah kehabisan kata-kata dan ngga tahu mau gimana lagi. Jadi akhirnya aku menulis ini.

Sekali lagi kukatakan, mungkin ini agak kasar. Tapi aku ingin kalian semua tahu dan mencoba memahami perasaanku. Mungkin juga perasaan semua penulis yang mengalami hal serupa denganku.

Aku menulis karena aku menyukainya. Aku membaginya kepada kalian agar kalian tahu apa yang sudah kuhasilkan. Dari yang awalnya hanya ide serabutan hingga menjadi kata-kata yang berakhir dengan paragraf dan sebuah cerita runtut dan utuh. Itu.. butuh proses. Di dalamnya ada waktu, kerja keras, harapan, kebahagiaan dan cinta yang kutitipkan untuk kalian. Aku membaginya, di sini dan di wattpad. Tidak ada yang perlu kalian bayar. Kalian hanya membacanya. Dan itu terasa cukup bagiku.

Tapi tolong, setidaknya hargai aku. Hargai dan hormati semua yang sudah aku lakukan. Cerita-cerita ini, milikku. Kubagi kepada kalian hanya agar kalian bisa merasakan hal yang kurasakan, bukan untuk dijiplak (sama persis) dan diganti-ganti nama atau unsur-unsur instrinsik lainnya. Aku memilih nama Sherena, Reven, Deverend, Noura.. BUKAN CUMA asal comot. Aku memikirkan mereka. Memikirkan sifat mereka dan menelaah apa ini cocok. Aku butuh waktu dan itu tidak lama.

Lalu, ada waktu dimana kutemukan nama mereka berubah dan …

Ah sudahlah.. aku terlalu lelah untuk berbaik-baik. Jadi kukatakan saja kepada kalian semua..

JIKA KALIAN TIDAK BISA MENGHORMATI ATAU MENGHARGAI APA YANG ADA DI BLOG INI. CERITA-CERITA DI SINI. HALF VAMPIRE, XEXA, ANOTHER STORY, MALAIKAT HUJAN DKK, MAKA TERIMA KASIH. AKU JUGA TIDAK AKAN REPOT-REPOT MEMPUBLISHNYA DI SINI LAGI.

SETIDAKNYA JIKA KALIAN INGIN MEMPUBLISHNYA DI AKUN MEDIA SOSIAL MILIK KALIAN (BUKAN SHARE, TAPI PUBLISH ULANG DAN MEREVISI NAMA ATAU APAPUN ITU), TOLONG KATAKAN DAN MINTA IZIN PADAKU!!!! BERETIKALAH!!

Mau Baca Lainnya?

15 Comments

  1. Memang kalau karya kita di plagiat orang memang suatu yg menyakitkan, tapi aku berharap jgn dengan kejadian ini kita jadi kendor semangatnya, tapi harus sebaliknya, paling tidak itu merupakan sebuah pengakuan bahwa karya kita itu bagus, dan plagiator adalah lambang ketidakmampuan, pengen bisa seperti itu tapi tidak punya kemampuan, jadi berbahagia lah karena anugerah itu sudah diberikan Allah kepada anda bukan pada yang lain, selamat berrkarya lagi….

  2. Setuju sama kak Amora (y) mereka dengan seenaknya seperti itu. Tanpa memikirkan terlebih dahulu betapa capek dan lelahnya si penulis buat cerita tapi mereka dengan seenaknya seperti itu.

  3. Huey…ada pencurian toh,berasa spti sblm ujian kita belajar mati2an semalem suntuk,eh..yg disebelah tinggal nyontek doang,nyalin,persis,plej jiplek keteplek(org semarang bilang),trus diseberin kesekelas,bis tu nilai sua lbh bagus,BAH…!!!GONDOK BGT SUMPAH XA!PAIT BGT DITENGGOROKAN!!!Cm bisa ikut sebbel xa,and berdoa semoga kejadian itu ga bikin km nglokro buat berkarya lagi.Ayo…refreshing ke neverland ato rainbow palace…bertemu peri cantik dan baik and minta orang itu dipanjangin telinga and tangannya…biar kapok ato digedein kepalanya kyk ipin upin biar kapok…he3x…ngaco berat ya xa,ayo senyum xa..(nah gtu!kan tambah cantik),bubay…

  4. Aku ngerasain kok gimana susahnya milih nama karakter, buat kerangka karangannya, sampe ngembangin ide yang asal lewat jd sebuah cerita…
    Dan gk seharusnya ngubah cerita org tanpa izin dr org yg bersangkutan..

    Mocca Girl

  5. Dasar yah para PLAGIAT" TAK BERMORAL bisax cuma mencontek tanpa mau berusaha sendiri,, sabar sist,, kita para pembaca setia HV, ANOTHER STORY, XEXA, De el el,, tetap mendukung mu, tetap berkarya, nanti juga akan ketahuan kok siapa yg sebenarx yg PLAGIAT yg sebenarx, kita semua tetap menunggu karya" mu selanjutnya… Tetap semangattttttt!!!!!! Ciayiooooooo

  6. Setuju ka,,, kalo bikin karya itu ga gampang,,,, ga asal bikin tanpa mikir gmna alur dan.konflik serta ending, gimana biar readers bisa paham dan.kebawa suasana cerita,,,, semua penulis bakalan sakit hati kalo karya diplagiat seenaknya, apalagi kalo udh ditegor ga ngaku,,,,,,,, sabar ka ,,,, emng aku ga bisa ngerasaain gmna.sebuah karya sendiri di plagiat tapi tetep aja yg namanya palagiatin karya orang ga baik, berasa ga punya pemikiran samaciri khas sendiri…. keep smile ka
    amoura,,, semoga ga ada plagiatan lagi setelah ini. Fighting 🙂

  7. Yaallah mbak meskipun gue cuma seorang reader gue ngerti kok gimana rasanya karyanya dijiplak, mereka gatau terimakasih banget udah baca gratis masih aja ada kejadian kaya gitu -_- tetep semangat aja mbak keep writing :))
    btw kenapa ga bikin buku aja mbak kan enak tuh :3

  8. ampuun deh.. saya juga penikmat FF, salah satu author favorit sy juga selalu kesel masalah ini.. sampe2 blog nya di lock, dan pd akhirnya sekarang, jrg publish ff di blog..
    bahkan publish ff di fp facebook pun di ikutin sambil di caci maki.. palgiators emang udah hilang kewarasan mereka agaknya..
    sist, kalo dia masih mau ngapus dan nulis permintaan maaf *walaupun gk tulus* masih mending, lha ini si author ff yg saya ceritain, pas nanya ke akun yg ngeshare ff nya di blog pribadi tanpa nama si author dan seakan2 punya di plagiator sendiri, gak di tanggepin SAMA SEKALI sama si plagiator.. ampun deh.. gila ya? jelas lah!

  9. Q salah satu fans mu mesti slama ni cm jd silent reader. Jgn turun semangatnya ya thor, karya-karyamu keren. Bnyak orang yg mencintai karyamu. Dan aku salah satunya. Keep spirit sister.

Leave a Reply

Your email address will not be published.